Senin, 16 Mei 2016

Inilah Manfaat Kopi Beserta Efek Sampingnya Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

oketips-sehat - Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat populer di dunia karena memiliki rasa yang unik dan aroma khas yang harum. Di dunia terdapat dua varieatas kopi yang sangat populer yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

08981474711
Manfaat dan Efeksamping Kopi
Kopi basanya dijadikan minuman untuk menghilangkan rasa kantuk atau sebagai minuman dikala berkumpul bersama teman teman dan keluarga. pada perkembangannya olahan dari minuman kopi sudah banyak di jumpai seperti mocaccino, americano, frappe, kopi luwak dan masih banyak lagi. namun selain dijadikan minuman ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita, bahkan sampai sampai dipercayai bahwa kopi merupakan salah satu fighter sejati untuk kanker. 

Hal tersebut di percayai karena di dalam kopi terdapat berbagai macam kandungan zat yang berguna bagi tubuh seperti :
Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG.
Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG.
Mangan dan Kalium: 3% dari AKG.
Magnesium dan Niacin (B3): 2% dari AKG.


Manfaat Kopi Pahit Bagi Kesehatan

Kopi Pahit adalah istilah yang biasa digunakan untuk kopi yang di sajikan tambah tambahan gula, karena rasanya pahit maka disebutlah dengan nama Kopi Pahit. Nah sekarang kita akan membahas berbagai manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kopi bagi kesehatan:

Kopi dapat meningkatkan stamina
Kandungan utama kopi adalah kafein, kafein memperlambat pergerakan sel Adenosin yang merupakan sel yang membuat rasa ingin tidur terhadap otak. Sehingga apabila kita mengkonsumsi kopi maka otak akan terasa segar dan berpengaruh terhadap stamina dan terasa lebih segar.

Kopi dapat mencegah kanker
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi ternyata dapat menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi dua kali sehari memiliki resiko lebih kecil untuk terkena kanker, bahkan resiko terkena kanker usus besar dapat menurun hingga 25%.

Menjaga kesehatan mulut
Sifat anti bakteri yang dimiliki kopi tentu saja sangat baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu dalam penyembuhan gigi berlubang, plak serta infeksi pada gusi. Sejalan dengan fungsi sebelumnya hal ini juga dapat menekan resiko kanker mulut.

Menurunkan resiko diabetes
Kopi memiliki kandungan zat asam klorogenat yang membantu peningkatan kinerja pembuatan insulin serta menghambat penyerapan gula pada tubuh. Bahkan para ahli mengungkapkan bahwa penyakit diabetes dapat diturunkan hingga 50% dengan memanfaatkan kopi.

Mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan Demensia
Penyakit Alzheimer umumnya di derita oleh orang yang telah berumur 65 tahun ke atas. Kopi di yakini oleh para ahli dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit alzheimer yang mengakibatkan degradasi fungsi saraf.

Mengurangi resiko terkena Parkinson
Sama halnya dengan alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer disebakan oleh degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko terkena parkinson.

Sebagai MoodBooster
Kopi merupakan salah sati minuman yang dapat mengingkatkan mood seseorang, sadar atau tidak orang akan lebih berbahagia dan bergairah setelah meminum kpi. Kopi juga memberikan efek kolerasi dengan kebahagiaan seseorang.

Sumber Antioksidan dan Memenuhi Nutrisi Tubuh
Kandungan antioksidan dann sumber nutrisi seperti  kalium, niasin, kromium, magnesium dan vitamin E yang terdapat di dalam kopi merupakan zat-zat yang memiliki fungsi sebagai nutrisi yang sangat baik bagi tubuh, Seperti kromium yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan magnesium yang dapat menekan kolesterol jahat dalam tubuh.

Dapat membantu program Diet
Kopi dapat digunakan sebagai minuman untuk membantu program diet yang sedang anda lakukan. Kopi tidak mengandung gula sehingga kalori yang ditemukan juga sangat rendah. Namun hal ini berlaku bagi kopi tambahan gula maupun krim.

Mendukung Kesehatan Tulang
Kopi memiliki kandungan kalsium yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan kalsium ini dapat mengurangi penyebab penyakit tulang yang sering diderita oleh orang tua terutama wanita yang manupouse.

Menjaga Kesehatan Jantung
Konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung lemak berlebih akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Hal ini dapat di cegah salah satunya dengan cara mengkonsumsi kopi. Di dalam kandungan kopi terdapat kalium yang memiliki fungsi menguatkan otot-otot jantung dan menjaga detak jantung tetap normal. 

Kopi Meningkatkan Produktifitas
Kandungan yang terdapat di dalam kopi sangat baik dalam membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh yang dapat meningkatkan prouktivitas. Selain itu kafein dalam kopi merupakan stimulan pada syaraf pusat yang bisa meningkatkan proses oksidasi lemak dan melancarkan proses metabolisme.

Namun selain berbagai manfaat kopi di atas, ternyata mengkonsumsi kopi dengan berlebihan dan tidak benar bisa menjadi boomerang bagi kesehatan kita, Hal ini dikarenakan kopi memiliki berbagai efeksamping bagi tubuh diantaranya dikarenakan keadaan tubuh yang tidak mendukung untukmengatasi efek kafein.

08981474711

Efek samping Mengkonsumsi Kopi

1.Kopi bisa menyebabkan gangguan fungsi kelenjar adrenal terutama bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan kelenjar adrenal.

2. Kopi bisa menyebabkan masalah atau efek diuretik jadi orang yang sudah memiliki masalah dengan keseimbangan elektrolit dalam tubuh tidak disarankan untuk minum kopi.

3. Konsumsi kopi yang dicampur gula secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit perut, detak jantung tidak teratur, kepala pusing dan berbagai gejala yang membuat tubuh lemah.

4. Konsumsi kopi lebih dari 5 cangkir dalam sehari bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kurang peka lingkungan, sakit perut, gelisah, detak jantung dan menyebabkan gangguan kecemasan.

5. Minum kopi yang mengandung latte atau gula bisa menyebabkan peningkatkan kolesterol

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula agar dapat bermanfaat bagi kesehatan. Peringatan juga bagi yang telah memiliki beberapa gangguan kesehatan sebaiknya mengurangi konsumsi kopi walaupun tanpa gula untuk menghindari efek buruk karena berlebihan minum kopi.


Selain efeksamping di atas ternyata ada beberapa fakta menarik kopi bagi kesehatan yang mungkin anda belum ketahui berikut ulasannya

1. Kafein bisa membunuhmu
Terutama jika kamu sangat maniak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.

2. Kafein bisa mengurangi rasa sakit
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.

3. Kopi bisa juga baik buatmu
Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.

4. kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.

5. Kafein bisa bikin kita begadang
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.

6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.

7. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya
Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.

8. kopi dekafein menggunakan bahan kimia
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.

9. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit
Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.

10. Kopi ditemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.

Nah itulah Bahasan kami kali ini tentang Manfaat Kopi dan Efek samping-nya semoga artikel tersebut berguna bagi anda dan Terima kasih telah berkunjung di Blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Manfaat Kopi Beserta Efek Sampingnya Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar