Sabtu, 04 Juni 2016

10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang tidak Kamu Sangka-sangka

Manfaat Jahe - Jahe sebenarnya merupakan tanaman yang berasal dari asia pasifik dan tersebar mulai dari india sampai cina. Tanman yang termasuk golongan tanaman rimpang ini sering juga diijuluki sebgai tanaman rempah-rempah. jahe bernama latin Zingiber Officinale dan memiliki rasa yang cenderung pedas, rasa pedas dominan jahe ini disebabkan karena senyawa keton bernama zingeron.
http://oketips-sehat.blogspot.com/2016/06/10-manfaat-jahe-bagi-kesehatan.html
Manfaat Jahe
Karena rasa pedasnya yang dominan manfaat jahe untuk menghangatkan tubuh sering dilakukan dengan dibuat minuman hangat seperti wedang atau sarabba. Namun, banyak manfaat lain dari jahe yang ternyata sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, apa sajakah manfaat jahe tersebut? berikut ulasan lengkapnya

Jenis Jahe

Secara umum jahe digolongkan kedalam 3 jenis dengan masing masing jenis memiliki ciri-ciri yang berbeda, berikut jenis-jenis jahe tersebut:

  • Jahe Gajah: jahe ini memiliki bentung rimpang yanf besar, dengan rasa yang tidak terlalu pedas seperti tanaman jahe lainnya. Jahe jenis ini memiliki daging berwarna kuning hingga putih.
  • Jahe Kuning : Ukuran jahe ini memiliki ukuran rimpang lebih kecil dibandingkan jahe gajah. Jahe ini juga lebih populer untuk dijadikan bumbu masakan oleh sebagian orang. rasa makanan yang diberi jahe akan memiliki aroma dan rasa yang tajam.
  • Jahe Merah : Jahe jenis ini memiliki kandungan minyak asteri yang lebih banyak dibanding dengan jahe jenis lainnya. Rasanya juga paling pedas diantara varian jahe laininya, bentuk rimpang paling kecil dan dibalut dengan kulit berwarna merah.

Manfaat Jahe Untuk kesehatan

Sejak jaman dahulu sajeh sudah dimanfaatkan sebagai bahan campuran minuman untuk menghangatkan tubuh seperti wedang ataupun sarabba. karena kepopulerannya itulah yang menggelitik para ahli pengobatan untuk melakukan riset lebih jauh legi tentang manfaat jahe bagi kesehatan. Dan terbukti bahwa memang jahe memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda.

Berikut adalah beberapa manfaat jahe untuk Kesehatan.

Mengobati penyakit rematik
Bila anda menderita penyakit rematik tanaman jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tersebut, caranya bbakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara, lalu haluskan, terakhir aplikasikan pada bagian tubuh yang mengalami rematik.

Menurunkan Berat Badan
http://oketips-sehat.blogspot.com/2016/06/10-manfaat-jahe-bagi-kesehatan.html
Manfaat Jahe 
Jahe memiliki fungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh, hal ini akan membuat metabolisme dalam tubuh anda enjadi lancar. Apapbila metabolisme dalam tubuh anda lancar maka tidak akan ada sisa makanan yang tertimbun, hal ini akan membuat anda terhindar dari kegemukan.

Penghilang Mual dan Masuk Angin
Perut mual dan masuk angin biasanya terjadi karena adanya masalah pencernaan di dalam lambung. Jika anda mengalami hal tersebut anda dapat memanfaatkan jahe dengan cara meminum air seduhan jahe agar perut menjadi hangat dan masalah pencernaan kembali lancar.

Menjaga Kondisi jantung
Jahe memiliki sifat untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol berlebihan pada tubuh, hal tersebut tentunya akan mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh yang dapat mengakibatkan meningkatnya resiko serangan jantung.

Obat Alergi
Jahe memiliki kandungan yang dapat menghilangkan rasa gatal sekaligus mengobatiyaa, karena itulah jahe dapat dimanfaatkan untuk mengobati alergi.

Mengatasi mabuk perjalanan
Sifat anti mual dan menghangatkan lambung dari jahe akan membuat lambung anda menjadi nyaman selama berkendara roda empat. hal ini tentu akan menghilangkan rasa mual dan mengurangi resiko anda terkena mabuk perjalanan.

Mengobati sakit Kepala
http://oketips-sehat.blogspot.com/2016/06/10-manfaat-jahe-bagi-kesehatan.html
Manfaat Jahe
Bila anda mengalami sakit kepala berlebih akibat stress karena banyaknya pekerjaan dan tuntutan kehidupan yang semakin berat. sekali kali anda boleh mencoba untuk bersantai denga menikmati seduhan jahe hangat yang akan membuat kehidupan anda lebih rileks dan tenang.

Mengatasi Gangguan Pencernaan
Minum air  jahe secara rutin akan membantu menjaga kesehatan pencernaan anda seperti kram yang timbul pada saat menjelag haid.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Mengkonsumsi air seduhan jahe akan membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda, apabila sistem imun meningkat maka sistem kekebalan tubuh juga akan meningkat, hal ini tentu saja akan menghindarkan anda dari berbagai resio terkena penyait.


Ternyata banyak sekali manfaat jahe untuk kesehatan yang bisa ada aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan dipraktekkan dan semoga bermanfaat. terima Kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan yang tidak Kamu Sangka-sangka

0 komentar:

Posting Komentar