Jumat, 13 Mei 2016

Manfaat dan Efek Samping Petai

Oketips-sehat - Petai merupakan makanan yang cukup popuer di indonesia, petai atau pete biasanya diolah menjadi lalapan, sambal, ataupun kelengkapan makanan lainnya. Petai memiliki rasa yang enak tetapi dibalik rasanya yang nikmat tersebut petai memiliki bau khas yang membuat sebagian orang tidak menyukainya bahkan cenderung menghindarinya. Tetapi dibalik bau petai yang kurang sedap yang apabila dikonsumsi petai mampu mengubah bau air seni menjadi lebih menyengat, petai memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

08981474711
Manfaat Petai

Nah, biar tidak terlalu meng-underestimate pete, berikut kami akan paparkan bebrapa khasiat pete bagi kesehatan yang mungkin belum anda ketahui:

Kandungan Gizi Pete

Dibalik baunya yang menyengat ternyata petai memiliki kandungan zat -zat yang penting bagi tubuh diantaranya : protein, karbohidrat, forfor, vitamin A, Vitamin C, serat, zat besi, kalium, dan gula alami (sukrosa, fruktosa dan glukosa)

Manfaat Petai bagi Kesehatan

Karena petai memiliki banyak kandungan zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh, tentu saja membuat petai memiliki banyak manfaat bagi tubuh. diantaranya mengatasi depresi Kandungan tryptopan dalam pete dapat membantu meningkatkan mood dan membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.

Mengurangi masalah PMS  (premenstrual syndrome)
Saat menstruasi, seseorang seringkali memiliki suasana hati tak menentu atau tidak nyaman. Nah, mengonsumsi pete yang kaya akan Vitamin B6 akan membantu mengontrol kadar gula daram darah dan membuat suasaa hati lebih nyaman.

Melancarkan pencernaan
Kadar serat dalam pete dapat membantu mengatasi masalah susah buang air besar dan berbagai masalah pencernaan.

Mengatasi anemia
Kandungan zat besi tinggi dalam petai dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa teratasi.

Bagus untuk otak
Kandungan Vitamin A dalam pete dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menjaga kesehatan mata dan otak.

Mengatasi tekanan darah tinggi
Kandungan kalium yang terdapat dalam pete membantu Anda mengatasi tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit hipertensi dan stroke.

Menghentikan kebiasaan merokok
Kandungan vitamin B6, B12 serta kalium dan magnesium dalam pete sangat bagus untuk membantu seseorang dari kecanduan nikotin sehingga kebiasaan merokok bisa diatasi dengan baik.

Efek samping mengonsumsi pete

Selain banyaknya manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi petai, ternyata pola konsumsi petai yang berlebih juga akan berbahaya bagi kesehatan karena petai mengandung asam amino yang apabila dikonsumsi berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan bila mengkonsumsi petai secara berlebih:

Bagi ginjal
Petai juga dapat merugikan jika dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi petai secara berlebihan akan berbahaya bagi ginjal karena mengandung asam amino. Seperti kita ketahui asam amino merupakan komponen penting dalam penyusunan protein, tetapi apabila dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan akibatnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak saringan pada ginjal dan akibatnya akan ditemukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria.

Air Kencing dan Kentut jadi Bau
Memakan petai terlalu banyak juga berdampak pada air kencing yang beraroma tidak sedam. Hal ini disebabkan asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi gas Amoniak (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) yang menyebabkan kentut bau.  

Nah demikianlah artikel kami tentang Manfaat Peteai bagi kesehatan dan zefek sampingnya, semoga artikel tersebut bermanfaat bagi pembaca sekalian dan terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Selamat Mencoba !!!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat dan Efek Samping Petai

0 komentar:

Posting Komentar