Rabu, 18 Mei 2016

Inilah Manfaat dan Efeksamping Binahong Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

Oketips-sehat - Indonesia memang kaya dengan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Brgitu juga dengan tanaman yang satu ini, Binahong yang juga dikenal dengan sebutan gondola. Binahong merupakan tanaman merambat yang pertumbuhannya mengikuti sinar matahari.

08981474711
Manfaat Tanaman Binahong
Tanaman binahong atau yang memiliki nama latin Bassela rubra linn atau orang dalam bahasa cina sering disebut Deng san chi, sebenarnya berasal dari cina, namun karena kepopulerannya yang dapat mengobati berbagai penyakit akhirnya tanaman binahong banyak di budidayakan ke negara negara asia tenggara, termasuk indonesia.


Manfaat Binahong Bagi Kesehatan

Bagian dari Tanaman Binahong yang paling banyak digunakan sebagai obat adalah Umbi dan Daunnya, Nah apa sajakah manfaat umbi dan daun binahong bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan

Mengobati sakit Maag
Untuk mengobati sakit maag dengan memanfaatkan daun binahong anda dapat melakukannya dengan cara merebus daun binahong dengan air, kemudian dinginkan air rebusan tersebut, kemudian diminum secara rutin. Ingat yah apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal minum air rebusan binahong secara rutin, niscaya penyakit maag anda akan terobati.

Menurunkan kadar kolesterol
Bianhong mengandung senyawa yang kuat untuk menurunkan kadar kolesterol akibat penumpukan peredaran yang tidak lancar dalam tubuh. Untuk memanfaatkan Binahong merdakan kolesterol sebenarnya caranya hampir sama dengan mengobati sakit maag, cuman air rebusan daun binahong dibuat lebih kental dibandingkan untuk obat maag.

Meredakan Asam urat
Asam urat biasanya disebabkan akibat penumpukan di sendi, yang bila dibiarkan lama kelamaan akan membentuk kristal yang akan menyebabkan kelumpuhan jangka panjang. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko tersebut adalah dengan memanfaatkan daun binahong, caranya cukup rebus daun binahong dengan air putih kemudian minum air rebusan binahong secara rutin. Lakukan terus menerus secara rutin karena pengobatan dengan binahong tidak bisa didapatkan hanya dengan sekali minum tetapi harus dikonsumsi terus menerus

Membantu Mengeringkan Luka Luar
Untuk mengobati luka luar dengan binahong cukup dengan mengambil beberapa lembar daun binahong, kemudian di remas-remas hingga menjadi lembut dan berlendir, lalu tempelkan pada bagian yang luka, tunggu beberapa menit maka lukanya akan mengering.

Manfaat Umbi Binahong

Selain daunnya, umbi tanaman binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobatan secara alami, Cara mengolahnya juga hampir sama dengan daun binahong, yaitu ambil umbi binahong secukupnya, lalu cuci bersih kemudian rebus, Setelah airnyaa susut , saring air rebusan kemudian minum 2-3 kali sehari. Ramuan tersebut dapat mengobati bisul, tifus, disentri, menjaga kebugaran tubuh, mencegah asam urat, hingga sakit pinggang.

Efeksamping Daun Binahong

Binahong mengandung efedrin yang berkaitan dengan jantung, gangguan otot, kejang dan denyut jantung tidak teratur, oleh karena itu pada orang orang tertentu terutama yang memilki masalah nyeri dada akan menyebabkan pusing, gelisah, mual, dan sakit kepala. Sebaiknya saat meminum raun binahong anda harus menghindari meminum minuman yang mengandung kafein karena dapat menjadi stimulan yang menyebabkan jantung berdebar cepat. Binahong juga tidak aman bagi ibu hamil dan menyusui.

Sekianlah tulisan Manfaat Daun Binahong Beserta Efeksampingnya, Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Manfaat dan Efeksamping Binahong Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui

0 komentar:

Posting Komentar