Selasa, 17 Mei 2016

Inilah Berbagai Tips yang perlu Dilakukan Untuk menjaga Kesehatan Ibu hamil

Oketips-Sehat - Kehamilan meupakan suatu kejaiban yang tidak ternilai harganya. Menjadi seorang Ibu hamil merupakan dambaan setiap wanita, berbagai cara akan dilakukan agar seorang wanita dapat merasakan menjadi ibu hamil. Masa kehamilan juga merupakan masa yng paling sensitif bagi wanita, jika wanita salah melakukan kegiatan atau kurang berhati hati dalam aktifitasnya maka kehamilan akan berujung pada keguguran. Oleh karena itu pada masa kehamilan kesehatan ibu hamil sangat penting untuk diperhatikan, tujuannya agar ibu dan calon buah hati tetap terjaga kesehatannya sampai pada waktu melahirkan kelak. Kesehatan Ibu hamil dapat dijaga dengan berbagai cara, beberapa cara tersebut dijelaskan sebagai berikut :
08981474711
Tips Sehat Ibu Hamil

Tips Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Kehamilan pada trimester pertama merupakan masa kehamilan yang sangat rentan terhadap keguguran. Ini dikarenakan pada masa ini janin mengalami proses perkembangan yang menakjubkan, Mulai dari pembelahan sel sel hingga terbentuknya organ-oragan pada janin. Namun hal ini menimbulkan gejolak yang luar biasa pada diri seorang ibu hamil, salah satunya terjadinya Morning Sickness yang membuat ibu hami merasakan mual, pusing, lemas, bahkan penurunan nafsu makan secara drastis, Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil pada trimester pertama :

Perbanyak Zat Besi
Makanan yang mengandung banyak zat besi harus banyak dikonsumsi oleh Ibu hamil pada trimester pertama, tujuannya agar Ibu hamil tidak mengalami animea. Jika tidak dilakukan akan berbahaya bagi Ibu dan Janin, ini dikarenakan pada trimester pertama ibu akan mengalami animea hebat dikarenakan kekurangna asupan makanan yang berkurang drastis. Beberapa Makanan yang mengandung zat besi antara lain sayur bayam, ikan dan susu.

Makan dengan Porsi Kecil
Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil, Jangan terlalu banayk makan makanan dalam satu waktu, jika anda terlalu bnyak mengkonsumsi makanan maka akan berakibat pada rasa mual yang semakin besar dan anda akan memuntahkan kembali makanan yang sudah anda makan. Oleh karena itu dianjurkan agar makan sedikit namun sering dilakukan agar dapat mengurangi rasa mual di perut ibu hamil. Hal ini cukup dilakukan hingga masuk trimester kedua atau hingga rasa mual pada perut anda hilang.

Mengurangi Berhubungan Badan
Pada masa trimester pertama sebaiknya anda mengurangi frekuensi berhubungan seksual, karena pada masa ini, jika terjadi guncangan yang terlalu keras pada rahim akan berakibat pada terjadinya keguguran. Frekuensi berhubungan badan yang terlalu sering akan membuat wanita hamil mudah mengalami orgasmeyang membuat rahim akan berkontraksi, apabila hal ini sering terjadi maka keguuran mungkin saja bisa terjadi. Hal ini harus dijaga hingga mencapai trimester kedua.

Selain beberapa tips di atas anda juga perlu mengetahui beberpa jenis makanan yag sebaiknya dihindari oleh ibu hamil agar kesehatan ibu hamil dapat terjaga. Berikut Ulasannya:

Makanan yang sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
Selain konsumsi makanan yang bergisi ibu hamil juga harus berhati hati terhadap beberapa macam makanan. hal ini dikarenakan untuk menghindari terjadinya gangguan baik terhadap ibu maupun janin. Berikut bebereapa daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil :

Makanan Junk food
Mengkonsumsi makanan junk food biasanya menjadi sebuah kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh wanita karier. Makanan ini memang memililiki rasa yang nikmat, namun, sebaiknya ibu hamil menghidari makanan ini dikarenakan zat pengawet dan MSG pada makanan junk food dapat memicu terjadinya sel kanker

Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol dapat menyebabkan proses pembelahan sel terganggu dan apabila dikonsumsi dapat memperbesar resiko keguguran pada ibu hamil. Oleh karena itu sebaiknya Minuman beralkohol dihindari oleh ibu hamil bila anda benar benar sayng pada janin dan diri anda.

Nah Setelah Mengetahui Berbagai makanan dan minuman yang disarankan dan dihindari untuk ibu hamil, berikut ada beberapa Tips tambahan untuk menjaga kesehatan Ibu hamil

08981474711
Tips Sehat Ibu hamil

Senam Hamil Memasuki Trimester 3

Pada masa trimester 3 sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan senam hamil. Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan senam hamil ini. Dengan melakukan senam hamil, maka ibu dan janin akan menjadi lebih rileks. Dengan kondisi yang lebih rileks akan membuat perkembangan janin semakin baik. Dengan senam hamil anda juga akan mempermudah proses persalinan nantinya.

Gerakan Senam Hamil dimulai dari gerakan pemanasan dengan melakukan gerakan sederhan, seperti emrentagkan kedua tangan sambil duduk mengatur pernafasan. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan inti seperti merentangkan kaki hingga lurus, kemudian merentangkan tangan sambil punggung membungkuk ke depan. Gerakan ersebut akan melatih oto paha, sebaiknya gerakan tersebut terus ditambah seiring dengan usia kandungan Ibu hamil.

Nah itulah Beberapa tips Menjaga Kesehatan Ibu hamil yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan. Terima Kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Berbagai Tips yang perlu Dilakukan Untuk menjaga Kesehatan Ibu hamil

0 komentar:

Posting Komentar